SSD Murah - Tips Memilih SSD Terbaik Sebelum Membelinya

Dibuat pada 17 Mar 2021

SSD Murah - Tips Memilih SSD Terbaik Sebelum Membelinya

SSD umumnya dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan harddisk, meskipun terdapat beberapa brand yang menjual SSD mereka dengan murah.


Harddisk Eksternal Murah - Toko Storage kali ini akan mengulas tentang tips dalam memilih SSD yang tepat untuk PC/Laptop kalian. SSD saat ini makin populer digunakan sebagai tempat penyimpanan data, karena kemampuannya yang dapat meningkatkan performa PC/Laptop dan tidak berisik seperti hard disk saat digunakan. Hal tersebut sangat penting, apalagi bagi para pengguna laptop. Saat ini, berbagai macam produsen storage ternama seperti ADATA, Western Digital, Transcend, Samsung, Seagate, dan yang lainnya telah mengeluarkan produk SSD dengan berbagai macam kelebihan serta keunggulannya. 

SSD umumnya dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan harddisk, meskipun terdapat beberapa brand yang menjual SSD mereka dengan murah. Akan tetapi, dengan segala macam kelebihan yang ditawarkan serta dengan performa yang jauh melebihi hardisk, membuat SSD masih sangat worth it untuk dibeli dan digunakan.

 

Tips Memilih SSD Sebelum Membelinya

Selain dilihat dari performa yang dimiliki oleh SSD tersebut, kalian juga harus memastikan jika SSD tersebut dapat digunakan pada PC/Laptop milik kalian. Sudah ada banyak kasus SSD yang dibeli tidak kompatibel atau cocok dengan perangkat yang dimiliki. Hal tersebut terjadi karena mereka tidak melihat faktor lain selain dari faktor performa SSD saja.

Oleh karena itu, Toko Storage.com akan membagikan beberapa tips terbaik untuk memilih SSD yang pas untuk PC/Laptop kalian.

Memilih SSD Sesuai Dengan Interface Yang Dimiliki

Selain melihat performa SSD, kalian juga harus memperhatikan interface yang dimiliki oleh PC/Laptop kalian. Terdapat beberapa jenis kabel/interface yang digunakan untuk menghubungkan hardware storage ke motherboard pada PC/Laptop.

Saat ini, tipe interface storage yang paling populer digunakan adalah tipe SATA atau Serial Advanced Technology Attachment. Akan tetapi, tidak sedikit juga PC/Laptop lama yang masih menggunakan interface IDE atau Integrated Development Environment.

Interface IDE ini menggunakan kabel yang berbentuk pipih lebar dengan konektor yang terdiri dari beberapa pin pada PC, sedangkan untuk interface SATA memiliki ukuran yang lebih kecil dan bentuk kepala kabel seperti huruf L.

 

Memilih Berdasarkan Size atau Ukuran SSD

Ukuran storage juga sangat penting untuk diperhatikan, baik itu SSD maupun hard disk. Umumnya, ukuran hardisk untuk PC sekitar 3,5 inci, sedangkan untuk laptop 2,5 inci. Sedangkan untuk SSD ini dibuat dengan ukuran yang seragam, yaitu 2,5 inci. Jika kalian menggunakan PC, ada baiknya jika kalian memiliki tempat dudukan atau rak untuk memasang SSD.

Selain itu, beberapa SSD juga memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Meskipun kebanyakan SSD memiliki ketebalan 7 mm, akan tetapi masih ada SSD yang memiliki ketebalasan 9 mm. Oleh karena itu, sangat penting bagi kalian untuk mengecek ulang kembali SSD yang muat dan cocok untuk PC/Laptop kalian.

 

Pilih Kapasitas SSD Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Semakin besar sebuah kapasitas storage yang kita miliki, maka akan semakin banyak pula data/aplikasi yang dapat kita simpan didalamnya. Meskipun begitu, SSD akan semakin mahal jika kapasitasnya semakin besar. Oleh sebab itu, pikirkanlah baik-baik kapasitas storage yang kalian butuhkan.

Akan tetapi, belakangan ini beberapa produsen storage khususnya SSD mulai mengeluarkan produknya dengan kapasitas storage dan harga yang terjangkau. Jadinya kalian dapat memilih kapasitas SSD yang sesuai dengan yang kalian butuhkan dan tentunya sesuai dengan dana yang kalian miliki.

Berikut ini adalah daftar kapasitas penyimpanan yang TokoStorage rekomendasikan untuk kegiatan kalian.

SSD 128 GB - 256 GB

Bagi kalian yang hobi berselancar di internet atau mengunduh berbagai macam gambar, video, maupun musik. Maka SSD dengan kapasitas sebesar 128GB – 256GB ini sangat cocok untuk kalian beli. Kapasitas tersebut, sudah lebih dari cukup untuk menyimpan berbagai macam gambar/foto, video, musik dengan ukuran yang standar.

 

SSD 512 GB

Bagi kalian yang hobi bermain games ataupun menginstall berbagai macam games, maka SSD dengan kapasitas storage sebesar 512GB ini sangat cocok untuk kalian. Dengan kapasitas yang cukup besar, kalian dapat menginstal cukup banyak game-game yang ada pada saat ini.

 

SSD 512 GB - 1 TB

SSD dengan kapasitas 512GB – 1TB ini merupakan rekomendasi dari TokoStorage bagi kalian para content creator ataupun yang bekerja sebagai editor video atau designer grafis. SSD dengan kapasitas yang besar memungkinkan kalian untuk dapat menyimban berbagai macam asset-asset yang kalian butuhkan untuk pekerjaan maupun kegiatan kalian sebagai content creator.

 

Memilih SSD Berdasarkan Kecepatan Dalam Melakukan Write dan Read Data

Meskipun SSD memiliki kapasitas storage yang relatif jauh lebih kecil, akan tetapi soal performa kecepatan dalam melakukan write dan read data SSD masih jauh lebih unggul. Akan tetapi, sebisa mungkin pilihlah SSD yang memiliki kecepatan write dan read data yang tinggi. 

 

Itulah beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk memilih SSD yang pas dan sesuai untuk PC/Laptop kalian sebelum membelinya. Meskipun begitu, setiap orang memiliki selera dan juga kebutuhannya masing-masing dalam memilih storage yang pas untuk PC/Laptop yang mereka miliki.

Bagi kalian yang membutuhkan produk-produk terkait storage yang berkualitas, bergaransi resmi, dan juga terpercaya, kalian dapat menghubungi tokostorage.com atau melalui akun resmi TokoStorage di Tokopedia, Shopee, atau BukaLapak.

Tags :

#seagate #ssd #ssd-murah #murah #wd

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0