Tips Memilih Switch Terbaik - Toko Storage

Dibuat pada 21 Jun 2021

Tips Memilih Switch Terbaik - Toko Storage

Bingung pilih switch mana yang cocok untuk kebutuhan kamu? Tenang. Toko Storage punya tips jitu dalam memilih switch terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kalian.


Toko Storage - Memilih switch untuk jaringan LAN dirumah atau dikantor memang bukan perkara yang sulit. Tapi juga bukan berarti memilih Switch terbaik itu mudah ya.

Bertambahnya jumlah host atau pengguna yang menggunakan jaringan LAN, tentunya harus diimbangin dengan jumlah port yang tersedia diswitchnya. Banyak orang yang berkata jika mau memilih switch, pilihlah yang banyak portnya. Hal itu memang tidak salah, tapi juga tidak benar. Pemilihan switch yang baik itu tergantung dari kondisi, kita butuh switchnya untuk dipasang dimana, jumlah host yang bakal dihubungkan ada berapa banyak, kecepatan transfer datanya butuh berapa, dan lain sebagainya.

Tips Dari Toko Storage Dalam Memilih Switch Terbaik

Karena tidak sedikit juga yang masih bingung ketika memilih Switch terbaik untuk digunakan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Toko Storage akan membagikan tips dalam memilih Swith terbaik. Berikut ini adalah tips dari Toko Storage dalam memilih Switch terbaik untuk digunakan:

Jumlah Port

Tips Toko Storage Dalam Memilih Switch Terbaik - Jumlah Port

Jumlah port pada switch sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, jumlah port ini yang akan menentukan seberapa banyak host yang dapat kalian hubungkan dalam suatu jaringan LAN. Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa jumlah port yang ada pada switch di pasaran saat ini:

  • 2 port
  • 4 port
  • 8 port
  • 16 port
  • 24 port
  • 32 port
  • 48 port

Ketika kalian mau membeli sebuah switch, hal pertama yang harus kalian pikirkan adalah mau berapa banyak host yang ingin kalian hubungkan dalam satu jaringan LAN. Jangan sampai kalian membeli switch dengan jumlah port banyak tapi yang digunakan hanya setengah atau bahkan sepertempat dari total keseluruhan port pada switch tersebut.

 

Baca Juga: Memprediksi Hardisk Rusak Dengan Mudah - Jual QNAP NAS

 

Speed Transfer Data

Tips Toko Storage Dalam Memilih Switch Terbaik - Speed Transfer Data

Swithc yang dijual dipasaran saat ini memiliki kecepatan transfer data yang beragam. Kemampuan switch dalam mentransfer data ini sangat berpengaruh jika kalian membangun sebuah jaringan LAN dengan menggunakan kabel.

Kalian harus menyesuaikan kecepatan switch dengan kecepatan kabel yang kalian gunakan. Jika kalian memutuskan untuk menggunakan switch dengan kecepatan transfer data 100 Mbps, maka kabel yang kalian gunakan juga harus memiliki kecepatan transfer data yang sama atau lebih. Jangan sampai terjadi bottleneck karena kabel yang kalian gunakan kecepatan transfer datanya lebih kecil/rendah dari kecepatan transfer data switch kalian. 

Manageable atau Unmanaged

Tips Toko Storage Dalam Memilih Switch Terbaik - Manageable atau Unmanaged

Switch manageable sangat direkomendasikan bagi kalian yang ingin membangun jaringan yang sifatnya kompleks, karena switch ini dapat dikonfigurasi sendiri karena memiliki sistem operasi didalamnya. Tapi, jika kalian hanya ingin membangun jaringan biasa saja, maka switch unmanaged dapat menjadi pilihan kalian.

Hal ini penting untuk diperhatikan, karena harga switch manageable jauh lebih mahal dibandingkan dengan switch unmenaged.

 

Baca Juga: Cara Merawat Hardisk Laptop Komputer Awet | Toko Storage

 

Jenis Port Yang Didukung

Tips Toko Storage Dalam Memilih Switch Terbaik - Jenis Port Yang Didukung

Biasanya switch menyediakan 3 pilihan jenis port, yaitu:

  1. Ethernet port yang dapat dihubungkan dengan konektor RJ 45 dengan koneksi kabel jenis UTP.
  2. Gigabit port yang dapat dihubungkan dengan kontektor SFP (Small Form factor Plugable) dengan koneksi kabel fiber optic.
  3. Power over Ethernet atau PoE. Selain dapat digunakan untuk transfer data, kabel network juga dapat digunakan untuk mengalirkan daya listrik kepada perangkat tertentu. Port jenis PoE ini dapat digunakan untuk mengalirkan daya listrik ke perangkat lain, seperti Wifi dan lain sebagainya. 

Jadi jangan asal memilih switch agar tidak mubazir. Pastikan terlebih dahulu apa kebutuhan kalian. Jika kebutuhannya hanya untuk koneksi LAN biasa, maka switch dengan jenis port Ethernet sudah lebih dari cukup.

Dimensi dan Daya Listrik

Tips Toko Storage Dalam Memilih Switch Terbaik - Dimensi dan Daya Listrik

Switch jaman sekarang memiliki ukuran, berat, dan konsumsi daya yang berbeda-beda. Ada yang bentuknya kecil tapi membutuhkan daya listrik yang besar, begitupun sebaliknya.

Meskipun tips terakhir ini terdengar seperti hal yang sepele, nyatanya masih ada saja yang salah dalam membeli switch. Entah ada yang salah karena kebesaran, terlalu boros daya listrik, dan lain sebagainya.

Switch ada yang menggunakan listrik DC dan ada juga yang menggunakan listrik AC. Jadi jangan sampai salah beli atau ketuker, ada baiknya kalian baca terlebih dahulu spesifikasi switch yang biasanya sudah disediakan.

Tags :

#tips #switch

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0