Cara Format Hardisk Di Windows | Penyimpanan CCTV

Dibuat pada 24 Jun 2021

Cara Format Hardisk Di Windows | Penyimpanan CCTV

Ada 4 cara yang bisa dilakukan kita lakukan untuk memformat Harddisk di Windows. Berikut ini adalah 4 cara memformat harddisk yang mudah menurut Toko Storage.


Penyimpanan CCTV - Ada banyak sekali alasan mengapa orang-orang melakukan format hardisk. Ada yang memformat hardisk hanya karena ingin mengosokan haridisknya saja. Lalu ada juga yang memformat hardisk karena hardisk tersebut terinfeksi virus. Ada empat cara yang bisa kalian lakukan untuk memformat hardisk. Pada kesempatan kali ini Toko Storage akan membagikian 4 cara dalam memformat hardisk di Windows. Cara-cara yang akan Toko Storage bagikan kali ini bisa dicoba dihampir semua jenis hardisk. Mulai dari Hardisk Laptop, Hardisk Komputer, hingga Hardisk CCTV sekalipun. 

Apa saja cara-caranya? Silahkan kalian simak artikel ini sampai selesai.

 

Cara Mudah Memformat Hardisk Di Windows

Format Hardisk Dengan Windows Explorer

Cara pertama untuk memformat hardisk dapat dilakukan lewat Windows Explorer. Cara ini merupakan cara yang paling mudah digunakan untuk memformat hardisk pc/laptop, maupun hardisk CCTV. Memformat hardisk dengan cara pertama ini tidak akan menghapus seluruh data pada partisi hardisk yang sudah kalian buat. Melainkan hanya akan memformat Drive atau partisi hardisk yang kalian pilih saja.

Berikut ini adalah cara memformat hardisk lewat Windows Explorer:

  1. Langkah pertama, silahkan kalian buka aplikasi Windows Explorer di PC atau Laptop kalian.
  2. Lalu, silahkan kalian pilih Dive atau partisi hardisk yang inging kalian format hingga bersih
  3. Setelah itu, silahkan kalian klik kanan pada drive yang inging kalian format tadi → Kemudian klik Format untuk memformat Drive atau partisi hardisk tersebut.
  4. Untuk file system-nya, kalian bisa pilih NTFS → Beri nama pada label → Centang Quick Format
  5. Jika sudah, kalian bisa klik tombol Start untuk memulai proses format Drive atau partisi hardisk yang kalian pilih tadi.

Tunggu beberapa saat hingga proses format hardisk selesai. Lama waktu yang diperlukan pada proses ini itu bergantung pada kapasitas dan juga jumlah data yang tersimpan di dalamnya.

 

Baca Juga: Tips Memilih Switch Terbaik - Toko Storage

 

Format Hardisk Dengan Disk Management

Cara kedua ini hampir sama simpelnya dengan cara yang pertama. Kita dapat melakukan format drive atau partisi tanpa memformat keseluruhan hardisk.  Akan tetapi dengan langkah yang sedikit berbeda dari langkah yang pertama.

Berikut ini adalah cara memformat hardisk lewat Disk Management:

  1. Silahkan kalian ketikan Disk Management pada kolom search Windows.
  2. Jika sudah ketemu, kalian bisa membuka aplikasi Disk Management-nya.
  3. Kemudian seperti biasa, kalian bisa pilih Drive atau partisi yang ingin kalian hapus dan format sepenuhnya.
  4. Lalu kalian bisa klik opsi Delete Volume → Dan klik OK

Nantinya Drive atau partisi yang kalian pilih akan terhapus beserta isi-isinya. Untuk dapat menggunakan kembali partisi hardisk yang diformat dengan cara ini. Kalian hanya perlu klik kanan pada free space tersebut → Lalu pilih opsi New Simple Volume. Sisanya kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang disarankan saja.

 

Baca Juga: Memprediksi Hardisk Rusak Dengan Mudah - Jual QNAP NAS

 

Format Hardisk Dengan CMD

Selain dapat dilakukan lewat Disk Management dan Windows Explorer. Ternyata memformat hardisk juga bisa dilakukan melalui CMD loh.

Bagimana caranya? Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk memformat hardisk kalian melalui CMD:

  • Pertama-tama, silahkan kalian buka aplikasi CMD-nya terlebih dahulu. Atau, kalian bisa mengikuti shortcut berikut ini. Windows + R → Ketik CMD → Lalu klik OK, untuk membuka aplikasi CMD dengan cepat.
  • Setelah jendela CMD terbuka → silahkan kalian ketikan Diskpart → Lalu tekan Enter.
  • Kemudian, ketikan List Disk dan tekan Enter lagi.
  • Pilih disk atau partisi hardisk yang ingin kalian format dengan perintah select disk [nomor disk yang ingin di format] → Lalu tekan enter.
  • Ketikan perintah Clean untuk memformat Drive atau partisi hardisk yang dipilih → Lalu Enter
  • Ketik Create Partition Primary agar drive atau partisi yang sudah diformat dapat digunakan kembali→ Lalu Enter lagi.
  • Terakhir ketik format fs=ntfs → Klik Enter → Lalu ketik assign → Enter

Dengan mengikuti cara format hardisk diatas, Drive atau partisi hardisk yang sudah kamu format tadi dapat langsung digunakan kembali.

 

Format Hardisk Dengan Metode Low Level Format

Cara yang terakhir untuk memformat hardisk adalah dengan metode Low Level Format. Cara format hardisk ini dapat dikatakan yang paling bersih hasil formatnya. Karena dengan menggunakan cara ini, semua data pada hardisk akan tersapu bersih sampai keakar-akarnya. Bahkan temporary file yang tersimpan juga tidak luput dari pembersihan dengan cara Low Level Format ini.

Metode Low Level Format ini dilakukan dengan menggunakan bantuan software. Untuk melakukan Low Level Format, kalian dapat mengikuti cara-cara berikut ini:

  • Pertama-tama, kalian harus mendownload terlebih dulu Aplikasi HDD Low Level Format Tool, lalu install seperti biasa.
  • Setelah proses instalasinya selesai, silahkan kalian buka aplikasi HDD Low Level Format Tool-nya.
  • Kalian bisa memilih hardisk yang inging diformat sepenuhnya → lalu klik Continue.
  • Akan muncul sebuah popup untuk mengkonfirmasi perintah pem-formatan yang kalian lakukan. Kalian bisa klik “Ok” untuk lanjut dan klik “Cancle” untuk membatalkannya.

Untuk proses pemformatan dengan menggunakan Low Level Format ini memang cukup lama. Waktu yang dibutuhkan tergantung dari seberapa banyak data yang kalian simpan dan kapasitas hardisk yang kalian format. Oh iya, cara terakhir ini dapat menghapus seluruh partisi maupun informasi bad sector pada hardisk kalian. Jadi, hati-hati ketika kalian memformat dengan cara terakhir ini ya.

Tags :

#hardisk #tips

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0