Cara Mengukur Kinerja Hard Disk Dan SSD

Dibuat pada 18 Jan 2021

Cara Mengukur Kinerja Hard Disk Dan SSD

Kalian juga dapat menggunakan bahan bangunan lain seperti keramik dinding misalnya. Keramik dinding ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan ...


Hard disk atau storage yang cepat dan tangguh merupakan salah satu hardware yang paling banyak dicari dan wajib ada di PC/Laptop. Jika kalian menginstall OS ataupun software lainnya di dalam hard disk yang lambat, mau seberapa kuat atau kencanya CPU/processor dan memori yang kalian miliki. Tetap saja, sistem akan melakukan booting lebih lambat, menjalankan program/aplikasi lebih lambat, dan kinerja PC/Laptop akan menurun seiring dengan banyaknya tugas yang dilakukan (multitasking).

Hal tersebut yang mendasari alasan mengapa storage yang memiliki kinerja yang tinggi, seperti storage tipe SSD ini sangat populer dan banyak dicari sampai saat ini. SSD memiliki kecepatan read dan write data yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan storage tipe Hard Disk.

Contohnya, pada saat booting OS. Jika menggunakan HDD biasa, proses untuk booting OS rata-rata waktu yang dibutuhkan sekitar 20-44 detik. Sedangkan, jika menggunakan SSD, maka proses booting OS pun akan lebih cepat, yakni berkisar antara 4-6 detik saja.

Kinerja storage baik itu jenis HDD ataupun SSD, juga banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Lalu bagaimana cara kita mengetahui kinerja dari HDD/SSD yang kita miliki?

Untuk mengetahui seberapa baik dan tangguh kinerja dari storage yang kita miliki. Kalian dapat menggunakan salah satu dari beberapa software benchmark storage dibawah ini, untuk menguji performa read dan write data dari storage yang kalian miliki. 

 

Software Untuk Benchmark Hard Disk dan SSD

Software Benchmark Hard Disk CrystalDiskMark

CrystalDiskMark

CrystalDiskMark merupakan software yang dapat digunakan untuk mengcompare dan juga melakukan benchmarking untuk menguji performa dari storage yang kita miliki. CrystalDiskMark ini dapat menguji berbagai macam jenis storage, mulai dari USB Drive, SD Card, RAMDisks, SSD, dan Hard Disk. CrystalDiskMark sangat mudah digunakan, kalian hanya tinggal mengatur ukuran pengujian storage yang kalian inginkan dan juga berapa kali kalian ingin melakukan pengujian tersebut. Semakin banyak pengujian yang dilakukan, maka hasil yang didapat akan lebih akurat. Kalian dapat mengunduh software CrystalDiskMark ini secara gratis, melalui website officialnya CrystalDiskMark.

 

ATTO Disk Benchmark

ATTO Disk Benchmark

ATTO Disk Benchmark merupakan salah satu aplikasi yang populer dan banyak digunakan oleh para pemilik brand-brand besar untuk menguji performa dari produk mereka, mulai dari hard disk hingga SSD dapat dilakukan pengetesan pada aplikasi ATTO Disk Benchmark tersebut.

Semua tes dilakukan secara berurutan, mulai dari operasi read dan write menggunakan ukuran blok 512 byte hingga 64MB. Hingga pengujian transfer file juga bisa dilakukan dari aplikasi tersebut.

 

AS SSD Benchmark

AS SSD Benchmark

AS SSD ini berbeda dengan CrystalDiskMark. Jika CrystalDiskMark dirancang untuk mengetes segala jenis storage, maka AS SSD ini hanya diperuntukan untuk menguji storage berjenis SSD saja.

AS SSD ini sangat populer digunakan pada kalangan situs-situs perangkat keras, seperti grafik benchmark SSD AnandTech. Melalui aplikasi ini, performa asli SSD yang kita miliki akan terlihat melalui serangkaian pengujian yang dilakukan oleh aplikasi AS SSD ini.

 

Anvil’s Storage Utilities

Anvil’s Storage Utilities

Software benchmark storage yang berikutnya adalah Anvil’s storage utilities. Anvil’s storage utilities ini dapat melakukan serangkaian tes read dan juga write lengkap menggunakan operasi sekuensial dan acak, software ini juga akan menampilkan hasil yang lengkap termasuk waktu respons, kecepatan dalam MB/s dan juga IOPS (Ipunt Outpur PerSecond).

 

HD Tune

HD Tune

HD Tune ini merupakan salah satu software benchmarking storage yang paling terkenal dan banyak digunakan oleh para pengguna teknologi USB toolkit. HD Tune ini memiliki beberapa fungsi seperti pengecekan kesalahan dan juga fitur membandingkan kesalahan.

Setelah pengujian dilakukan, hasil dari HD Tune benchmark ini akan menampilkan kecepatan minimum dan maksimum kecepatan storage dalam membaca suatu file. Ukuran blok untuk pengujian storage juga dapat kita ubah sendiri dalam pengaturan yang diberikan oleh HD Tune ini.

 

Selain beberapa aplikasi/software diatas, terdapat beberapa software lain yang dapat kita giunakan untuk menguji kinerja dan juga performa dari storage yang kita miliki. Seperti HD Tach, Disk Thruput Tester, HD Speed, DiskMark, dan lain sebagainya.

Kurang lebih itulah cara-cara yang kita dapat gunakan untuk menguji kinerja dari storage atau SSD yang kita miliki menggunakan bantuan dari software storage benchmark. Software diatas hanya dapat berfungsi untuk melakukan uji test/benchmark pada storage yang kita miliki, untuk masalah Hardisk atau SSD yang sudah rusak atau sangat lambat kinerjanya, kalian tetap perlu menggantinya dengan yang baru atau dapat memperbaikinya sendiri. Kalian dapat membeli Hard disk atau SSD terbaru dengan harga yang terjangkau melalui website TokoStorage ataupun melalui akun resmi Tokopedia TokoStorage

 

Tags :

#storage #ssd #hardisk-eksternal #hard-disk

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0