Cara Merawat Hardisk Laptop Komputer Awet | Toko Storage

Dibuat pada 14 Jun 2021

Cara Merawat Hardisk Laptop Komputer Awet | Toko Storage

Merawat Hardisk Laptop/PC agar awet sebenarnya tidak terlalu sulit. Berikut ini adalah tips dari Toko Storage untuk merawat harddisk Laptop/PC kalian agar lebih awet saat digunakan.


Jual Hardisk Laptop - Pada artikel kali ini, Toko Storage akan membagikan cara tentang bagaimana merawat sebuah hardisk pada laptop agar awet saat digunakan. Untuk penjelasan mengenai Hardisk beserta fungsinya, kalian dapat membaca artikel yang sudah pernah Toko Storage buat sebelumnya "Pengertian Hard Disk dan Fungsinya".

 

Cara Merawat Hardisk Laptop Komputer Agar Awet

Sekilas, fungsi hardisk pada komputer/laptop digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data-data pengguna secara permanen. Selain digunakan sebagai tempat penyimpanan, hardisk juga membantu kinerja komputer/laptop dalam melakukan pengolahan data. Bayangkan jika komputer/laptop yang kalian miliki tidak menggunakan hardisk ataupun media penyimpanan data yang lainnya. Pastinya data-data yang kalian miliki tidak akan bisa tersimpan dan tidak dapat diolah bukan.

Dilihat dari fungsi secara sekilas, maka dapat dikatakan jika hardisk atau media penyimpanan data yang lainnya ini sangat penting dan berpengaruh pada kinerja komputer/laptop yang kita miliki. Oleh karena itu, kita harus bisa merawat hardisk pada komputer/laptop yang kita miliki agar awet dan tahan lama. Berikut ini adalah cara merawat hardisk yang dapat kalian terapkan.

 Toko Storage - Shutdown Komputer Dengan Benar

  • Matikan Komputer atau Laptop Dengan Benar

Cara pertama yang dapat kalian lakukan untuk merawat hardisk komputer/laptop yang kalian miliki adalah dengan mematikan komputer/laptop dengan cara yang benar. Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan, akan tetapi tidak sedikit juga orang yang abai dengan cara ini. Alhasil, jika kalian tidak mematikan komputer/laptop dengan benar, maka hal tersebut dapat membuat Hardisk cepat rusak.

Mematikan komputer/laptop dengan cara mendadak dapat membuat hardisk yang sedang bekerja menjadi kekurangan daya, lama kelamaan hardisk tersebut pasti akan rusak. Oleh karena itu, kalian jangan sampai mematikan komputer/laptop yang sedang bekerja secara mendadak. Gunakanlah “system shutdown” untuk mematikan komputer/laptop dengan cara yang benar.

 

Toko Storage - Jangan Partisi Hardisk Berlebihan

  • Janga Melakukan Partisi hardisk Yang Berlebihan

Biasanya hardisk yang memiliki kapasitas daitas 500 GB akan dilakukan pembagian disk secara otomatis oleh system atau yang biasa disebut dengan partisi. Contohnya seperti partisi pada Disk C yang dikhususkan untuk menyimpan data system operasi ataupun data-data aplikasi system yang lainnya, sedangkan untuk Disk D dikhususkan untuk data-data biasa, seperti file dokumen, foto, video, musik, dan lain sebagainya.

Toko Storage sarankan kepada kalian, untuk tidak membuat partisi dalam jumlah yang berlebihan. Kebanyakan orang-orang pada saat ini membuat partisi hardisk tidak lebih dari 3/4.

Tidak ada aturan mengenai batasan untuk melakukan partisi pada hardisk. Akan tetapi dengan banyaknya pratisi yang dibuat pada hardisk, tentunya akan membuat fragment hardisk terbagi menjadi banyak bagian. Hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi proses read and write pada hardisk. Untuk itu, bagi kalian yang ingin melakukan partisi pada hardisk, Toko Storage sarankan untuk membuat partisi hardisk paling banyak 3 atau 4 buah partisi saja (sudah termasuk Disk C dan Disk D), agar proses read dan write pada hardisk tidak terganggu sepenuhnya.

 

Toko Storage - Jangan Sampai Hardisk Penuh

  • Jangan Sampai Hardisk Penuh

Cara ini memang terkesan sangat tidak masuk akal, dikarenakan fungsi hardisk itu hanya untuk menyimpan data. Akan tetapi, ada baiknya kalian mengukuti saran dari Toko Storage ini. Kalian jangan pernah atau terlalu sering menyimpan banyak data pada hardisk hingga bar/status kapasitas pada hardisk berwarna merah atau hampir full.

Dengan banyaknya data yang tersimpan pada hardisk, tentunya akan membuat hardisk tersebut bekerja dengan sangat keras untuk menyimpan dan melakukan proses read/write data. Hal tersebut tentunya dapat membuat kinerja pada hardisk menjadi menurun.

 

Toko Storage - Awasi Suhu Pada Hardisk

  • Awasi Suhu Pada Hardisk

Hal yang perlu kalian perhatikan saat merawat hardisk agar awet adalah selalu memeriksa dan menjaga suhu pada hardisk. Jangan sampai suhu pada hardisk meningkat tinggi, hal tersebut tentunya dapat membuat hardisk menjadi cepat rusak. Usahakan suhu pada hardisk selalu dalam keadaan normal atau stabil.

Kalian dapat memantau suhu pada komponen PC dengan menggunakan aplikasi seperti HDD Temperature ataupun PC Wizard.

 

Toko Storage - Bersihkan Debu Pada Hardisk

  • Bersihkan Debu Yang Ada Pada Hardisk

Rajin-rajin untuk membersihkan debu yang menempel pada perangkat komponen PC/laptop kalian. Karena debu atau kotoran dapat menghambat kinerja dari processor maupun hardisk.

Debu yang dibiarkan terus menumpuk dapat menyebabkan performa PC/Laptop menjadi menurun bahkan rusak. Kalian dapat menggunakan jasa profesional jika tidak dapat membersihkannya sendiri.

 

Toko Storage - Lakaukan Defrag Hardisk Secara Rutin

  • Lakukan Defrag hardisk Secara Rutin

Para pengguna hardisk pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah defrag hardisk. Defrag hardisk ini berfungsi untuk menutupi sector-sector pada hardisk yang bolong atau kosong, akibat dari file/data yang sering dihapus atau dibuat.

Kalian dapat melakukan proses defrag pada hardisk ini dengan menggunakan aplikasi defragment bawaan OS Windows, ataupun kalian juga dapat menggunakan aplikasi defragment hdd lain seperti ultradefrag.

Dengan melakukan defragment pada hardisk ini, tentunya dapat membuat hardisk kalian menjadi lebih awet karena sector-sector yang bolong/kosong akibat dari kegiatan read/werite data menjadi tertutup. Proses Defrag ini juga dapat meningkatkan performa read/write data pada hardisk.

 

Toko Storage - Hindari Guncangan atau Benturan

  • Hindari Guncangan atau Benturan

Untuk menjaga hardisk dan laptop agar tidak rusak, ada baiknya kalian menjaga agar laptop/hardisk tersebut minim guncangan dan benturan. Hindari mengguncang apalagi membenturkan hardisk/laptop, karena hal tersebut dapat merusak komponen-komponen yang ada didalamnya.

Jika kalian sering berpergian dengan membawa laptop/hardisk eksternal. Ada baiknya jika kalian menggunakan tas khusus untuk laptop dan pelindung tambahan untuk hardisk eksternal kalian agar tidak terlalu banyak menerima guncangan dan melindungi dari benturan mendadak.

 

Cara-cara diatas dapat kalian terapkan untuk menjaga hardisk yang kalian miliki agar lebih awet dan tahan lama. Lalu jika hardisk sudah rusak apa yang harus dilakukan? Gampang, kalian tinggal order atau beli Hardisk baru lagi. Belinya dimana? Ya di Toko Storage dong. Toko Storage menjual berbagai macam media penyimpanan, terutama untuk produk Hardisk dan QNAP NAS.

Untuk informasi yang lebih lengkap, kalian dapat mengujungi link berikut ini. Atau jika mau langsung order Hardisk atau QNAP NAS baru, kalian dapat mengujungi Official Marketplace Toko Storage di link yang sudah disediakan. 

Tags :

#hardisk #tips

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0