Hardisk Seagate Terbaik - Tips Dalam Memilih Hardisk

Dibuat pada 24 May 2021

Hardisk Seagate Terbaik - Tips Dalam Memilih Hardisk

brand-brand produsen hardisk terbaik yang menawarkan hardisk buatan mereka seperti Seagate ... Toko Storage yang menyediakan berbagai macam produk Hardisk ...


Hardisk Seagate Terbaik – Kebutuhan akan sebuah media penyimpanan data yang praktis seperti hardisk saat ini mulai banyak dicari. Sampai saat ini, sudah ada berbagai macam brand-brand produsen hardisk terbaik yang menawarkan hardisk buatan mereka seperti Seagate, WD, Toshiba, Adata, Samsung, dan lain sebagainya. Mereka juga menawarkan berbagai macam varian kapasitas hardisk, mulai dari kapasitasnya 250GB hingga 18TB, yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan.

Akan tetapi, dengan hadirnya berbagai macam brand-brand terkenal yang menawarkan hardisk terbaik buatan mereka saat ini. Tentunya hal tersebut dapat membuat sebagian orang menjadi bingung atau bahkan bimbang ketika memilih hardisk terbaik untuk mereka gunakan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, Toko Storage mau membagikan tips-tips dalam memilih hardisk terbaik, agar sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

 

Tips Dalam Memilih Hardisk Terbaik

 

Hardisk Seagate Terbaik - Kapasitas Storage Yang Dibutuhkan

  • Kapasitas Storage Yang Dibutuhkan

Kapasitas storage ini sangat penting untuk kalian perhatikan. Karena beda kebutuhan, beda juga kapasitas storage yang diperlukan.

Jika kebutuhan kalian hanya untuk menyimpan file-file tugas maupun backup file tugas sekolah atau kuliah saja. Maka hardisk dengan kapasitas 250GB - 1TB sudah lebih dari cukup untuk kalian gunakan. Tapi jika kebutuhan kalian untuk backup file-file besar seperti film, video, foto, dan lain sebagainya. Maka kami sarankan untuk membeli hardisk dengan kapasitas penyimpanan yang lebih lega lagi. Mungkin kisaran 1TB hingga 2TB sudah cukup.

 

Hardisk Seagate Terbaik - Kecepatan Rotasi Hardisk

  • Kecepatan Rotasi Hardisk

Hardisk bekerja dengan cara terus memutar piringan platter yang ada didalamnya, ketika sedang digunakan. Satuan kecepatan hardisk dalam memutar piringan platter disebut RPM atau Rotate Per Minute. Besaran RPM pada hardisk yang ada dipasaran saat ini itu berkisar antara 4200, 5400, 7200 hingga 10.000 RPM. Semakin tinggi angka RPM dari sebuah hardisk, maka akan semakin cepat juga proses read dan write data yang dapat dilakukan oleh hardisk tersebut.

 

Hardisk Seagate Terbaik - Kecepatan Transfer Data

  • Kecepatan Transfer Data

Kecepatan transfer data sangat penting untuk diperhatikan. Kebanyakan orang pada saat ini mencari hardisk eksternal yang memiliki kecepatan transfer data yang tinggi, untuk memudahkan mereka dalam melakukan proses berbagi data maupun backup data. 

Akan tetapi, ada kalanya kecepatan transfer data suatu hardisk dapat naik turun. Hal tersebut sangat normal. Dikarenakan kecepatan transfer data hardisk ini juga bergantung pada jenis USB yang digunakan. Hardisk yang menggunakan USB 3.0 atau USB 3.1 memiliki kecepatan transfer data yang relativ lebih tinggi, dibandingkan hardisk dengan hardisk yang menggunakan USB 2.0.

 

Hardisk Seagate Terbaik - Garansi Hardisk

  • Garansi Hardisk

Kebanyakan hardisk yang dijual dipasaran saat ini tentunya memiliki garansi. Entah itu garansi toko, distributor, ataupun resmi. Contohnya saja, hardisk Seagate menyediakan 3 tahun garansi resmi dari distributor lokal. Begitupun dengan beberapa brand penyedia hardisk lainnya seperti, WD, ADATA, Toshiba, Samsung, dan lain sebagainya.

Garansi ini sangat penting untuk kita perhatikan. Karena dengan adanya garansi ini, jika terjadi sesuatu pada hardisk yang kita beli, kita bisa meng-claim perbaikan hardisk ataupun penggantian produk hardisk secara gratis. Biasanya garansi ini meng-cover hal-hal seperti cacat produksi (kerusakan manufakturing) yang berasal dari pabrik. Akan tetapi, garansi ini tidak dapat kita claim jika hardisk yang dibeli rusak karena kesalahan ataupun kecerobohan kita sendiri.

 

Hardisk Seagate Terbaik - Shock Resistance Hardisk

  • Shock Resistance Hardisk

Kita semua pasti sudah mengetahui jika hardisk ini sangat rentan terhadap benturan yang keras. Jika hardisk terkena benturan yang keras, baik itu disengaja ataupun tidak. Maka bukan tidak mungkin data-data yang ada pada hardisk, bahkan hardisk itupun sendiri akan rusak. Begitu juga jika hardisk terkena air. Akan tetapi, beberapa produsen hardisk yang ada pada saat ini sudah melakukan inovasi pada produk miliknya. Yaitu dengan mendesign hardisk miliknya menjadi tahan terhadap benturan dan juga tahan air.

Memang, harga hardisk yang memiliki kemampuan seperti itu relatif lebih mahal dibandingkan dengan hardisk biasa. Akan tetapi, hardisk yang memiliki kemampuan tersebut sangat cocok bagi kalian yang sering berpergian keluar rumah. Dengan adanya hardisk tersebut, kalian jadi tidak perlu lagi khawatir jika data-data yang kalian miliki hilang ataupun rusak.

 

Bagi kalian yang sedang mencari Hardisk Seagate maupun SSD Seagate. Kalian dapat mengujungi Toko Storage yang menyediakan berbagai macam produk Hardisk dan juga SSD dari brand Seagate. Selain menjual Hardisk dan SSD, Toko Storage juga menjual Network Attached Storage atau NAS untuk keperluan backup data maupun pembuatan cloud storage pribadi miliki sendiri. 

Toko Storage menjamin semua produk yang dijualnya original dan juga bergaransi resmi. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat mengujungi website Toko Storage maupun official marketplace Toko Storage.

Tags :

#hardisk #seagate

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0