Jual QNAP NAS | Cara Merawat NAS Dengan Baik Dan Benar

Dibuat pada 04 May 2021

Jual QNAP NAS | Cara Merawat NAS Dengan Baik Dan Benar

Hal ini mungkin terdengar sangat sepele, tapi hal sepele ini yang sering kali dilupakan oleh para pemilik NAS. Mereka baru menyadari jika update System NAS ...


Jual QNAP NAS - Mungkin saat ini sudah ada banyak orang yang menggunakan dan memanfaatkan NAS sebagai media penyimpanan data milik mereka. Akan tetapi, apakah mereka semua atau kalian sudah memperhatikan dari segi keamanan dan perawatan NAS itu sendiri?

Hal terburuk yang mungkin terjadi pada NAS yang tidak dirawat dengan baik adalah diretas oleh Hacker atau diserang oleh malware seperti ransomware. Jika kalian tidak ingin hal tersebut menimpah NAS yang kalian miliki, ada baiknya jika kalian mengikuti langkah-langkah merawat NAS berikut ini.

 

Cara Merawat NAS Agar Tidak Di Hack dan Kena Virus

Rajin Update System NAS Dan Aplikasinya

Jual QNAP NAS | Rajin Update System NAS dan Aplikasinya

Hal ini mungkin terdengar sangat sepele, tapi hal sepele ini yang sering kali dilupakan oleh para pemilik NAS. Mereka baru menyadari jika update System NAS dan Aplikasinya ini sangat penting ketika NAS mereka sudah terkena virus.

Alasan kita perlu rajin update NAS dan Aplikasinya selain untuk menambah fitur baru. Update ini juga bertujuan untuk meningkatkan keamanan NAS serta memperbaiki Error atau Bugs, agar Error atau Bugs tersebut tidak dimanfaatkan oleh Hacker untuk meretas NAS milik kita.

 

Baca Juga: Qnap NAS - Pentingnya Melakukan Back Up Data Dengan Qnap NAS

 

Jangan Gunakan Akun Admin Default NAS

Jual QNAP NAS | Jangan Menggunakan Akun Admin Default NAS

Saat pertama kali kalian membeli NAS, ada baiknya jika kalian langsung mengganti atau membuat akun Admin baru, lalu menghapus akun Admin Default NAS-nya. Mengapa kalian perlu melakukan hal tersebut? Biasanya, Hacker pertama kali akan mencoba untuk meretas akun Admin Default NAS-nya. Dan biasanya juga, akun Admin Default NAS ini memiliki username yang sangat mudah ditebak, yaitu “admin”.

Jika Hacker sudah mengetahui username akun Admin NAS yang digunakan. Maka fokus mereka hanya tinggal memecahkan password-nya saja. Jika mereka sudah berhasil memecahkan password akun Admin NAS kalian, maka Hacker tersebut sudah berhasil menguasai NAS kalian secara keseluruhan.

Solusi untuk terhindar dari masalah ini apa? Ya, kalian hanya harus membuat akun Admin baru dan menghapus akun Admin Default bawaan NAS-nya saja. Akan tetapi, kami sarankan untuk membuat username dan password yang unik dan tetunya bisa kalian ingat. Saran kami gunakanlah kombinasi huruf, angka, dan karakter spesial, agar username dan password kalian tidak mudah dibobol oleh Hacker.

 

Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Jual QNAP NAS | Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Biasanya setiap NAS memiliki sistem Autentikasi Dua Faktor bagi siapa saja yang ingin login. Fitur ini dapat kalian manfaatkan sebagai langkah terakhir pengamanan akun NAS kalian, jika akun kalian sudah berhasil diretas.

Autentikasi Dua Faktor ini sangat disarankan untuk diaktifkan. Karena kamu tidak hanya perlu username dan password saja untuk dapat login, tetapi juga kamu perlu melakukan konfirmasi lewat perangkat lain seperti smartphone untuk dapat login ke akun kamu. Hal ini tentunya dapat meminimalisir peretasan NAS lewat akun.

 

Baca Juga: Alasan NAS Storage Butuh Hard Disk Khusus

 

Gunakan Protokol HTTPS

Jual QNAP NAS | Gunakan Protokol HTTPS

Jika ingin mengakses NAS dari jarak jauh, ada baiknya jika kalian menggunakan protokol HTTPS dan bukannya HTTP. Protokol HTTPS dinilai lebih aman, karena akan mengenkripsi setiap data hingga request yang diminta oleh user. Sehingga dapat meminimalisir data kalian akan dicuri pada saat kalian mengakses NAS dari jarak jauh.

Oh iya, untuk dapat menggunakan protokol HTTPS ini, kalian perlu menginstal sertifikat SSL pada NAS kalian terlebih dahulu.

 

Mengatur Firewall

Jual QNAP NAS | Mengatur Firewall

Firewall dapat dikatakan sebagai tembok yang akan menjadi pertahanan terakhir NAS kalian untuk memblokir segala aktifitas mencurigakan yang terjadi, baik itu pada saat mengakses NAS ataupun kegiatan di dalam NAS.

Secara defaultFirewall ini biasanya tidak diaktifkan. Jadinya kalian harus mengaktifkan Firewall-nya sendiri. Untuk mengaktifkan Firewall pada NAS ini caranya berbeda-beda, tergantung dari brand NAS apa yang kalian gunakan. Kalian juga bisa menggunakan Firewall ini untuk mem-block IP yang kalian rasa mencurigakan, agar IP tersebut tidak bisa mengakses NAS kalian lagi.

 

Langkah-langkah tersebut dapat kalian lakukan sebagai langkah perawatan pada NAS kalian agar terhindar dari hal-hal yang tidak diingkan. Kunjungi juga offical marketplace Toko Storage di link berikut.

Tags :

#storage #NAS #QNAP #Server

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0