Synology NAS Murah Selain QNAP

Dibuat pada 20 May 2021

Synology NAS Murah Selain QNAP

Tapi kali ini, kami tidak akan membahas mengenai QNAP NAS. Melainkan kami akan membahas NAS Synology DS220+ yang tentunya tidak kalah oke dari QNAP NAS ...


QNAP NAS - Jika kamu sedang membutuhkan sebuah perangkat penyimpanan besar yang praktis untuk digunakan di tempat kerja maupun untuk pribadi. Maka kamu butuh perangkat yang namanya NAS. Tapi kali ini, kami tidak akan membahas mengenai QNAP NAS. Melainkan kami akan membahas NAS Synology DS220+ yang tentunya tidak kalah oke dari QNAP NAS.

NAS Synology DS220+ ini sangat memudahkan kamu dalam menyimpan data ataupun berbagi data dalam suatu jaringan. Selain itu, data-data yang tersimpan dalam NAS juga dapat kamu akses dari berbagai perangkat serta memungkinkan untuk diakses dari luar jaringan. Yang artinya, kamu dapat dengan mudah me-manage data-data yang ada di dalam NAS Synology DS220+ ini dari mana saja dan kapan saja dengan mudah.

 

Synology NAS Murah Selain QNAP

Design NAS Synology DS220+

Synology NAS Murah Selain QNAP - Tampak Depan

Synology NAS Murah Selain QNAP - Tampak Belakang

NAS Synology DS220+ menggunakan design yang sederhana namun tetap elegan dengan menggunakan warna hitam yang melapisi seluruh bagian body-nya. Bentuk yang digunakan juga tidak terlalu rumit, serta tampilannya yang minimalis membuat NAS Synology DS220+ ini sangat cocok untuk diletakan dimeja kerja ataupun ruangan pribadi.

Ruang penyimpanan DS220+ ini berada dibagian depan. Sehingga sangat memudahkan kita untuk mengganti atau menambah kapasitas storage drive nya.

Untuk mengganti atau menambah drive storagenya, kamu tidak memerlukan peralatan tambahan seperti obeng. Kamu hanya perlu melepas penutup bagian depannya, lalu menekan pin penahan pada tray storage-nya dan menarik tray untuk memasang storage drive yang kamu miliki.

Akan tetapi, jika kamu ingin menggunakan HDD atau SSD dengan ukuran 2,5 inci, kamu memerlukan baut tambahan dan obeng untuk memasang HDD/SSD 2,5 inci tersebut ke tempat yang sudah disediakan.

Bagian belakang dari Synology DS220+ ini dilengkapi dengan beberapa port untuk keperluan konektivitas.

Beberapa port yang tersedia dari DS220+ ini antara lain, dua buah port LAN dan satu buah port USB 3.0 yang ada di bawah kipas yang berukuran 92 mm x 92 mm.

Untuk bagian depannya, terdapat satu buah port USB 3.0.

DS220+ ini berukuran 165 x 108 x 232,2 mm, dengan bobot tanpa storage drive sekitar 1,3 kg. NAS Synology DS220+ ini didesign dengan ringkas, sehingga dapat lebih menghemat ruangan. Ukurannya yang terbilang kecil ini membuatnya dapat diletakan di atas meja kerja maupun ditempat lain, karena tidak terlalu memakan banyak tempat.

 

Spesifikasi Synology DS220+

Synology DS220+ dibekali dengan 2 buah slot storage drive yang mampu menampung hingga total 32 (16 TB * 2) TB.

Synology DS220+ ini, memiliki beberapa pilihan konfigurasi penyimpanan yang tersedia mulai dari JBOD, RAID 0, RAID 1, dan Synology Hybrid RAID (SHR).

Sementara untuk dapur pacunya, NAS Synology DS220+ menggunakan prosesor Intel Celeron J4025 2 GHz dengan boost hingga 2,9 GHz. DS220+ ini menggunakan RAM sebesar 2 GB.

Jika dirasa masih kurang nendang, DS220+ ini juga menyediakan satu buah slot RAM SODIMM DDR4 dengan kapasitas maksimal yang dapat ditampung sebesar 4 GB.

Sehingga kapasitas RAM yang dapat kamu gunakan dapat bertambah hingga 6 GB.

Dua port LAN yang berada di bagian belakang memiliki kecepatan gigabit. Kedua port LAN tersebut juga sudah mendukung teknologi Link Aggregation untuk meningkatkan kecepatan, dan Failover yang dapat menjamin stabilitas koneksi apabila terjadi masalah pada jaringan yang digunakan.

 

Baca Juga: Fitur Canggih Pada QNAP NAS TS-251C

 

Spesifikasi Lengkap Synology DS220+


Synology DS220+

 

Interface Hard Disk

SATA 6.0 Gbps

Jumlah Hard Disk

2 Unit

Ukuran Hard Disk

3,5 inci dan 2,5 inci

Prosesor

Intel Celeron J4025 2 GHz (up to 2,9 GHz)

RAM

DDR4 2 GB (hingga 6 GB)

Konektivitas

2 x USB 3.0, 2 x LAN 1 Gbps

Mode Storage

Single Disk
JBOD
RAID 0
RAID 1
Synology Hybrid Raid (SHR)

Dimensi

165 x 108 x 232,2 mm

Berat

1,3 kg (belum termasuk hard disk)

 

Fitur Yang Ada Di Synology DS220+

Synology menggunakan sistem operasi yang disebut dengan DiskStation Manager. Jika dilihat, tampilan dari DiskStation Manager ini sekilas mirip dengan OS yang memiliki interface lain seperti Windows dan Mac OS.

Pada DiskStation Manager kamu juga bisa melakukan berbagai konfigurasi pada menu setting, hingga menginstall beberapa aplikasi tambahan yang bisa kamu cari di Package Center.

Package Center sama seperti App Store maupun PlayStore. Hanya saja Package Center ini hanya menyediakan aplikasi tambahan untuk produk Synology. Package Center menyediakan aplikasi buatan Syonology maupun buatan pengemban aplikasi pihak ketiga.

Beberapa aplikasi dan fitur menarik yang ada di Package Center ini antara lain seperti Video Station, Photo Station, Download Station, dan Moments.

Video Station dan Photo Station merupakan aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk me-manage file-file multimedia yang kamu simpan di dalam NAS.

Sementara untuk aplikasi Photo Station, kamu dapat menyimpan dan mengkategorikan foto yang kamu simpan tersebut berdasarkan preferensi yang kamu suka. Photo Station ini juga dapat diakses melalui perangkat smartphone dengan menggunakan palikasi DS Photo.

Aplikasi DS Photo juga dapat kamu gunakan untuk back-up foto yang kamu miliki ke dalam perangkat NAS Synology DS220+.

Download Station adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan proses download. Download Station ini juga sudah kompatibel dengan bebera penyedia situs file hosting seperti torrent dan yang lainnya, jadinya kamu dapat mendownload file tanpa perlu menyalahkan PC kamu dalam waktu yang cukup lama.

Salah satu fitur menarik yang ada pada produk NAS Synology adalah Moments. Moments ini berfungsi untuk melakukan backup foto-foto maupun video yang kamu simpan di dalam NAS.

Yang membedakan antara Moments dengan Photo Station adalah pada sistem artificial intelligence (AI) yang digunakan pada Moments. AI dalam aplikasi Moments ini dapat mengenali isi foto, sehingga dapat mengelompokannya berdasarkan kategori secara otomatis.

 

Kesimpulan

Synology DS220+ merupakan alternatif lain dari QNAP NAS yang dapat kalian andalkan sebagai media penyimpanan data terpusat, baik itu di kantor maupun di rumah kalian. Dengan memiliki dua bay disk storage yang dapat menampung hingga 32 TB, hal itu sudah lebih dari cukup untuk digunakan sebagai media penyimpanan di tempat kerja maupun untuk tempat penyimpanan data pribadi.

NAS ini memiliki dimensi yang tidak terlalu besar, sehingga sangat ringkas dan tidak makan tempat. Daya yang dikonsumsi oleh DS220+, terbilang sangat kecil sehingga tidak terlalu membengkakan tagihan listrik kalian, tidak jauh berbeda dari QNAP NAS bukan?.

Selain itu, performa yang sangat memuaskan, sehingga sangat disayangkan jika kalian tidak memilih DS220+ sebagai media penyimpanan kalian di rumah maupun di tempat kerja kalian.

Bagi kalian yang tertarik membeli produk QNAP NAS, kalian dapat mengujungi website Toko Storage di https://tokostorage.com/ atau bisa juga melalui website e-commerce favorit kalian dengan cara mengujungi link berikut ini.

Tags :

#NAS #QNAP

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0