Tanda SSD Internal Atau Eksternal Mau Rusak | Harddisk Murah

Dibuat pada 06 Apr 2021

Tanda SSD Internal Atau Eksternal Mau Rusak | Harddisk Murah

SSD internal sebagai storage utama mereka dan sudah tidak menggunakan harddisk lagi dikarenakan harga ssd internal sudah murah atau sudah turun dibandingkan ...


SSD Internal Murah - Laptop keluaran terbaru pada saat ini, rata-rata sudah menggunakan SSD sebagai storage utama mereka dan sudah tidak menggunakan hard disk lagi. Hal itu dikarenakan SSD menawarkan kelebihan yang tidak dimiliki oleh HDD. Beberapa kelebiah SSD yang tidak dimiliki oleh HDD antara lain seperti, SSD jauh lebih cepat dan memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan dengan HDD, konsumsi daya yang lebih sedikit dibandingkan dengan hard disk, mengurangi berat beban pada laptop. Meskipun memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh hardisk, bukan berarti SSD ini tidak memiliki kelemahan.

Kelemahan dari SSD ini terletak pada umurnya atau pada masa pemakaiannya yang kebanyakan tidak lebih dari tujuh tahun pemakaian. Untuk itu, kita harus bisa mengetahui tanda-tanda SSD yang akan mau rusak. Fungisnya agar kita dapat langsung melakukan back-up data-data penting milik kita, sebelum SSD benar-benar akan rusak.

 

Baca Juga: Pilih SSHD Atau SSD Untuk Storage PC 

 

Bagaimana SSD Internal atau Eksternal Dapat Rusak??

SSD tidak sama seperti HDD yang menggunakan platter dan terus berputar saat sedang digunakan. SSD ini menggunakan chip dan beberapa komponen elektronik yang lainnya untuk dapat bekerja dan menyimpan data. kerusakan yang paling sering menimpah SSD ada pada komponen-komponennya.

Kerusakan komponen pada SSD dapat terjadi karena SSD memiliki komponen yang sangat rentan terhadap aliran listrik tinggi maupun rendah. Saat kurangnya atau kelebihan aliran listrik, maka data-data yang tersimpan pada SSD dapat rusak/corupt atau bahkan langsung merusak SSD tersebut.

Hal lain yang dapat membuat SSD rusak biasanya karena sudah mencapai batas read/write yang ada pada memory flashnya.

Meskipun sangat rentan rusak, akan tetapi kalian tidak perlu paranoid atau khawatir berlebihan. Seiring dengan berkembangnya teknologi pada saat ini, SSD modern atau terbaru sudah tidak memiliki batasan read/write pada memory flashnya.

 

Tanda Tanda SSD Mau Rusak

Cara termudah yang dapat dilakukan untuk mengetahui kondisi SSD mau rusak atau tidak adalah dengan cara software untuk memantau kesehatan SSD. Kalian dapat menggunakan Hard Tune Pro untuk OS Windows atau menggunakan SSDReporter untuk para pengguna MAC OS.

Jika kalian sudah menginstall salah satu dari aplikasi tersebut. Dibawah ini adalah tanda-tanda SSD yang mau rusak dan perlu kalian waspadai.

Error Bad Block

Jika pada hardisk kita sering mendengar istilah bad sector, maka pada SSD kita mengenalnya dengan istilah bad block. Bad block ini adalah situasi dimana komputer/laptop mencoba untuk membaca/menulis data, akan tetapi membutuhkan waktu yang lama dan memiliki kemungkinan data tidak akan tersimpan, sehingga pada akhirnya system akan menyerah dan memunculkan notifikasi error pada layal komputer/laptop.

Gejala pada bad block biasanya ditandai dengan tanda-tanda sebagai berikut:

  • Tidak dapat membaca atau menulis data pada SSD.
  • Aplikasi sering freeze atau bahkan crash.
  • Sering error atau gagal ketika memindahkan file.
  • Waktu booting atau membuka aplikasi/file yang lama.

Jika saat ini SSD kalian sedang mengalami gejala-gejala seperti diatas, ada baiknya kalian mengecek SSD kalian dengan salah satu dari software yang sudah saya sebutkan. Periksalah SSD dengan menggunakan salah satu dari software tersebut, untuk mengetahui kondisi kesehatan SSD kalian. Jika SSD kalian mengalami bad block, ada baiknya kalian perlu menyiapkan storage lain untuk melakukan back-up data-data penting yang kalian miliki.

 

Baca Yang Lain Juga:

 

Tidak Dapat Membaca atau Menulis File

Terdapat dua hal yang akan terjadi jika SSD kalian mengalami bad block:

  • System komputer/laptop akan mendeteksi adanya bad block dan menolak semua proses write data.
  • System komputer/laptop akan mendeteksi adanya bad block dan menolak semua proses read data.

Hal pertama yang terjadi adalah kalian tidak dapat melakukan proses ataupun pekerjaan yang berhubungan dengan write data, jadi data kalian tidak akan corupt. Hal itu disebabkan karena system akan langsung menghentikan semua proses write data secara otomatis. Jika kalian mengalami situasi ini dalam keadaan yang mendesak, ada baiknya kalian menyimpan di storage atau drive lain, atau kalian juga bisa menggunakan cloud storage.

Pada hal yang kedua, data yang kalian sudah simpan tidak akan bisa diambil kembali. Yang artinya, data yang sudah kalian simpan dan tersimpan di dalam block-block SSD akan hilang dan lenyap untuk selama-lamanya.

 

File System Membutuhkan Perbaikan

Notifikasi tersebut biasanya sering kita dapatkan jika kita tidak mematikan PC/Laptop dengan benar. Akan tetapi, hal tersebut juga bisa terjadi karena SSD mengalami bad block atau port konektor SDD bermasalah.

Akan tetapi, OS versi terbaru biasanya memiliki tool atau software tersendiri untuk memperbaiki file system yang corrupt. Jika hal ini terjadi, kalian tidak perlu repot-repot mencari solusinya, karena OS kalian akan secara otomatis memperbaiki file system yang corrupt tersebut.

Akan tetapi, proses ini juga memiliki kemungkinan data-data yang kalian simpan akan hilang dan proses pemulihan data akan sangat sulit dilakukan jika data sudah hilang. Oleh karena itu, ada baiknya kalian selalu melakukan kegiatan back-up data secara rutin dengan menggunakan storage eksternal ataupun menggunakan NAS (Network Attached Storage).

 

Sering Mengalami Crash Ketika Membuka Suatu Aplikasi Ataupun Saat Proses Booting

Jika PC/Laptop kalian sering mengalami crash pada saat membuka suatu aplikasi ataupun pada saat booting aplikasi, maka besar kemungkinan Hardisk atau SSD kalian yang menjadi penyebabnya. Hal tersebut dapat terjadi karena SSD kalian sudah mengalami Bad Block.

 

Itulah beberapa tanda-tanda yang muncul ketika SSD mau atau akan rusak. Jika SSD kalian sudah memiliki tanda-tanda seperti diatas, maka ada baiknya kalian mengganti dengan SSD atau Hardisk yang baru untuk sementara waktu, atau kalian dapat melakukan back-up jika memiliki NAS Storage atau storage cloud. 

 

Tags :

#storage #seagate #ssd #ssd-murah #wd

Share :

Produk Rekomendasi

Chat dengan Customer Service

0